81. Contoh bentuk deklarasi variabel bertipe karakter yang benar adalah…
B. Char return;
C. Void main;
D. Panjang char;
E. Case;
82. Apabila a=5, b=10, maka jika diberikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan…
A. a=5, b=10
C. a=10, b=5
D. a=5, b=5
E. a=10, b=0
83. Perulangan dalam pemrograman C++ disebut juga…
A. Function
B. Nested
D. Selection
E. Sequence
84. Di berikan Algoritma P=3;Q =5 R=5 S=1 Q=R; R=S; dan P=S, berapakah Nilai P,Q,R dan S…
A. P=1, Q=5, R=1, S=2
B. P=0, Q=5, R=1, S=5
C. P=1, Q=0, R=1, S=5
E. P=1, Q=5, R=1, S=0
85. Dibawah ini merupakan contoh program dari…
A. Perulangan bersarang
B. Nested loop
C. If else
D. For
86. Perulangan bersarang dikenal dengan istilah…
A. Nested Loop
B. While
C. For
D. Looping
E. Pointer
87. Struktur data yang digunakan untuk menyimpan sekumpulan data dalam satu tempat disebut…
A. Parameter
B. Array
C. Fungsi
D. Prosedur
E. Pointer
88. Variabel yang menyimpan nilai untuk diproses di dalam fungsi adalah…
A. Pointer
B. Prosedur
C. Parameter
D. Perulangan
E. Fungsi
89. Perhatikan potongan script dibawah ini!
‘name’ adalah sebuah parameter dengan tipe data…
A. Integer
B. Boolean
C. Float
D. String
E. Char
90. Contoh dibawah ini memberikan nilai input ke fungsi berupa integer, kemudian di dalamnya dilakukan operasi penjumlahan. Fungsi tersebut tidak mengembalikan apa-apa karena…
A. Memberikan nilai input berupa integer
B. Mengembalikan nilai berupa integer dari hasil penjumlahan nilai a dan b
C. Menggunakan kata kunci ‘return’ untuk mengembalikan nilai dari kunci
D. Fungsi yang mengembalikan nilai
E. Tipe data yang diberikan pada nilai kembalian adalah ‘void’
91. Untuk membuat matriks biasanya menggunakan Array…
A. Array dua dimensi
B. Array tiga dimensi
C. Array multi dimensi
D. Array empat dimensi
E. Array satu dimensi
92. Pernyataan yang digunakan untuk menghentikan perulangan adalah…
A. Case
B. Break
C. Stop
D. Return
E. Main()
93. Dibawah ini adalah file header yang berfungsi untuk menangani input/output di C++ adalah…
A. #include < stream >
B. #include < iostream >
C. #include < conio.h>
D. #include < iostring >
E. #include < break >
94. Bagaimanakah cara membuat fungsi di C++…
A. Nama Fungsi
B. namaFungsi;
C. namaFungsi[]
D. namaFungsi()
E.(namaFungsi)
95. Kata kunci yang digunakan untuk mengembalikan nilai dari kunci adalah…
A. case
B. main()
C. switch
D. void
E. return
96. Perhatikan kode program C++ dibawah ini:
Program diatas menggunakan…
A. Fungsi
B. Prosedur
C. Array
D. Class
E. Pointer
97. Suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menyisipkan karakter NewLine atau mengatur pindah baris adalah…
A. return 0
B. endl
C. br
D. printf
E. cout
98. Return value adalah…
A. Menginput data
B. Blok statement
C. Fungsi tanpa nilai balik
D. Menampilkan output ke layar
E. Menghentikan proses perulangan
99. Return 0 dalam main() menyatakan bahwa…
A. Program debug
B. Program telah dibuat
C. Program error
D. Program berakhir dengan normal
E. Program telah dieksekusi
100. Di bawah ini adalah perbedaan fungsi dan prosedur…
A. Fungsi dapat dipanggil di dalam fungsi main(), sementara prosedur tidak
B. Fungsi memiliki banyak tipe data, sedangkan prosedur tidak
C. Fungsi memiliki parameter sementara prosedur tidak
D. Fungsi dapat di deklarasikan didalam fungsi lain, sedangkan prosedur tidak
E. Fungsi menghasilkan nilai balik sementara prosedur tidak
101. Alamat memori dalam program pointer disebut juga…
A. Reference
B. Memo
C. RAM
D. Variabel
E. Pointer
102. Ada dua operator yang digunakan pada tipe data pointer, yaitu…
A. Prosedur dan fungsi
B. Operator deference dan reference
C. Enum dan Array
D. Pointer dan Alamat
E. Alamat dan memori
103. Operator deference dalam tipe data pointer dilambangkan dengan…
A. {}
B. []
C. &
D. *
E. //
104. Operator reference dalam tipe data pointer dilambangkan dengan…
A. {}
B. []
C. &
D. *
E. //
105. int x = 45;
cout <<*&x;
Program pointer diatas menggunakan operator…
A. Deference
B. Sequence
C. Looping
D. Array
E. Reference
106. int x = 45;
cout << &x;
Program pointer diatas menggunakan operator…
A. Deference
B. Sequence
C. Looping
D. Array
E. Reference
107. Operator pointer yang biasanya disebut address atau opeator alamat adalah…
A. Sequence
B. Deference
C. Looping
D. Array
E. Reference
108. Operator pointer yang biasanya disebut value pointed by adalah…
A. Sequence
B. Deference
C. Reference
D. Array
E. Looping
109. int a[] = {76, 67, 88, 98};
int *pa;
pa = a;
Program diatas adalah contoh dari…
A. Pointer dan alamat
B. Pointer pada string
C. Pointer deference dan reference
D. Pointer pada array
E. Pointer pada pointer
110. Dibawah ini merupakan contoh dari program…
A. Sequence
B. Looping
C. Pointer
D. Array
E. Boolean
111. Pada program diatas saat ditampilkan dengan perintah cout, nilai boolean true akan tampil sebagai…
A. Angka 1
B. Angka 0
C. Angka -1
D. Angka -0
E. Angka 1 dan 0
112. Sedangkan nilai boolean false tampil sebagai…
A. Angka 1
B. Angka 0
C. Angka -1
D. Angka -0
E. Angka 1 dan 0
113. \d pada program C++ berfungsi untuk…
A. Simbol untuk membuat baris baru
B. Simbol untuk menampilkan nilai string
C. Simbol untuk menampilkan nilai angka atau bilangan desimal
D. Simbol untuk memberikan komentar
E. Simbol untuk memberikan nilai desimal
114. Simbol // berfungsi untuk…
A. Simbol untuk membuat baris baru
B. Simbol untuk menampilkan nilai string
C. Simbol untuk menampilkan nilai angka
D. Simbol untuk memberikan komentar
E. Simbol untuk memberikan nilai desimal
115. \n pada program C++ berfungsi untuk…
A. Simbol untuk membuat baris baru
B. Simbol untuk menampilkan nilai string
C. Simbol untuk menampilkan nilai angka
D. Simbol untuk memberikan komentar
E. Simbol untuk memberikan nilai desimal
116. \s pada program C++ berfungsi untuk…
A. Simbol untuk membuat baris baru
B. Simbol untuk menampilkan nilai string
C. Simbol untuk menampilkan nilai angka
D. Simbol untuk memberikan komentar
E. Simbol untuk memberikan nilai desimal
117. Setiap perintah dalam projek C++ selalu diakhiri dengan simbol…
A. :
B. ;
C. //
D. {}
E. []
118. Perintah ini digunakan untuk menyisipkan karakter null yaitu…
A. Break
B. Getch
C. Main()
D. Endl
E. Ends
119. Perintah yang tepat dan benar untuk mengeluarkan output “Pemrograman C++ PenulisTech” di pemrograman C++ adalah…
A. Cout<<“Pemrograman C++ PenulisTech”;
B. Cin<<“Pemrograman C++ PenulisTech”;
C. Cout>>”Pemrograman C++ PenulisTech”;
D. Cin>>”Pemrograman C++ PenulisTech”;
E. Cout<<Pemrograman C++ PenulisTech;
120. Penulisan nilai true dan false dalam bahasa C++ harus dengan huruf…
A. Bahasa pemrograman
B. Huruf kapital
C. Huruf simbol
D. Huruf besar
E. Huruf kecil
121. Tipe data apakah yang bisa digunakan jika int x = 9.90…
A. Float
B. Char
C. Int
D. Boolean
E. Pointer
122. Alat bantu untuk mengorganisasikan hasil analis adalah…
A. Output – Proses – Input
B. Input – Proses – Output
C. Start – Decision – End
D. Input – Proses – End
E. Mulai – Proses – Selesai
123. Dibawah ini yang merupakan komponen penyusun algoritma, kecuali…
A. Tipe data
B. Operator
C. Konstanta
D. Variabel
E. Pseudocode
124. Terdapat dua macam flowchart yang menggambarkan proses dengan komputer, yaitu…
A. Flowchart dan deklarasi
B. Flowchart program dan pseudocode
C. Flowchart manual dan flowchart program
D. Flowchart sistem dan flowchart program
E. Flowchart dan Diagram
125. Bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file di dalam media lain, dalam suatu sistem pengolahan data adalah…
A. Flowchart program
B. Flowchart urutan
C. Flowchart percabangan
D. Flowchart pemilihan
E. Flowchart sistem
126. Bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses dan hubungan antar proses secara mendetail di dalam suatu program adalah pengertian dari…
A. Flowchart program
B. Flowchart urutan
C. Flowchart percabangan
D. Flowchart pemilihan
E. Flowchart sistem
127. Dibawah ini contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari, kecuali…
A. Resep kue bolu
B. Mengisi voucher HP
C. Merakit mobil
D. Panduan pengisian listrik prabayar
E. Panduan mengambil uang di ATM
128. Algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu adalah pengertian dari…
A. Effectiveness
B. Finiteness
C. Definiteness
D. Input
E. Output
129. Algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar adalah pengertian dari…
A. Effectiveness
B. Finiteness
C. Definiteness
D. Input
E. Output
130. Algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role) adalah pengertian dari…
A. Effectiveness
B. Finiteness
C. Definiteness
D. Input
E. Output
131. Algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif adalah pengertian dari…
A. Effectiveness
B. Finiteness
C. Definiteness
D. Input
E. Output
132. Algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran adalah pengertian dari…
A. Effectiveness
B. Finiteness
C. Definiteness
D. Input
E. Output
133. Kumpulan pernyataan komputer adalah pengertian dari…
A. Flowchart
B. Pemrograman
C. Program
D. Algoritma
E. Deklarasi
134. Bahasa pemrograman untuk terapan bisnis dan administrasi adalah…
A. C++
B. Pyton
C. Java script
D. Cobol
E. Pascal
135. Bahasa pemrograman untuk terapan komputasi ilmiah adalah…
A. Java script
B. Pyton
C. Pascal
D. Cobol
E. Fortran
136. Bahasa pemrograman berikut ini yang termasuk bahasa tingkat rendah adalah…
A. Assembly (bahasa mesin)
B. Pascal
C. Cobol
D. Fortran
E. Java
137. Perhatikan syntax dibawah ini:
if kondisi 1 then
aksi 1
ELSE IF kondisi 2 Then
aksi 2
ELSE
Syntax tersebut merupakan bentuk dari struktur algoritma…
A. Pengulangan
B. Pemilihan
C. Runtutan
D. Array
E. Pointer
138. for i dari 1 sampai 100 do
bentuk syntax diatas merupakan salah satu bentuk dari struktur algoritma…
A. Runtutan
B. Array
C. Perulangan
D. Percabangan
E. Pemilihan
139. Bagan pada gambar dibawah ini merupakan simbol…
A. Decision
B. Input/output
C. Hardisk
D. Database
E. Dokumen
140. Bagan pada gambar dibawah ini merupakan simbol…
A. Decision
B. Input/output
C. Hardisk
D. Database
E. Dokumen
141. Bagan pada gambar dibawah ini merupakan simbol…
A. Decision
B. Input/output
C. Hardisk
D. Database
E. Dokumen
142. Bagan pada gambar dibawah ini merupakan simbol…
A. Decision
B. Input/output
C. Hardisk
D. Database
E. Dokumen
143. Simbol untuk permulaan (start) atau akhir (end) dari suatu kegiatan adalah…
A. Hardisk
B. Kegiatan manual
C. Display
D. Terminator
E. Decision
144. Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer adalah…
A. Display
B. Terminator
C. Konektor
D. Decision
E. Proses
145. Simbol untuk keluar/masuk atau penyambungan proses pada lembar atau halaman yang berbeda adalah…
A. Display
B. Terminator
C. Konektor
D. Decision
E. Proses
146. Dibawah ini instruksi algoritma yang efektif adalah…
A. Hitung akar 2 sampai 5 digit
B. A = A+10
C. Tambahkan 4 atau 6 pada y
D. Hitung akar 2 dengan presisi sempurna
E. A= A+0
147. Simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas adalah…
A. Konektor
B. Input/output
C. Dokumen
D. Proses
E. Terminator
148. Orang yang menulis program disebut…
A. IT consultant
B. Designer
C. Programmer
D. Autor
E. Animator
149. Kegiatan membuat program disebut…
A. Statistika
B. Sains data
C. Analisis data
D. Pemrograman
E. Programmer
150. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menyusun suatu program adalah…
A. Implementasi program
B. Menguji program
C. Membuat program
D. Membuat flowchart
E. Membuat algoritma
KESIMPULAN
Demikian kumpulan soal Algoritma Pemrograman sebanyak 150 butir soal pilihan ganda yang sudah disertai dengan jawabannya telah kami bagikan. Soal diatas membahas materi Algoritma Pemrograman mulai dari Pengertian Algoritma, Flowchart, Nilai data, Tipe data, Struktur data Runtutan, Pemilihan, Percabangan, Array, Prosedur dan Fungsi hingga Pointer. Semoga bermanfaat!