Pengertian Cisco Packet Tracer, Fungsi serta Kegunaannya

Pengertian Cisco Packet Tracer adalah suatu perangkat simulator alat-alat jaringan yang memiliki fungsi untuk membantu proses pembelajaran maupun latihan sebelum terjun langsung menyentuh alat aslinya. Adanya software ini bertujuan untuk memperkenalkan peralatan jaringan bagi siswa dan tenaga pengajar supaya lebih memahami prinsip-prinsip jarkom hingga dapat mengembangkan skill maupun keahlian di bidang jaringan Cisco ini.

Software ini juga sudah disediakan secara gratis oleh Cisco Systems untuk siswa yang ikut serta dalam Cisco Networking Academy. Dan, biasanya software Cisco sudah disediakan oleh pihak fakultas atau sekolah yang dipasang pada komputer yang ada di lab praktikum. Namun, Anda juga bisa mendownload Packet Tracer di website resmi Networking Academy Cisco, apabila kurang mengerti cara mendownloadnya bisa dilihat tutorial Cara Download Cisco Packet Tracer Terbaru.

Fungsi Cisco Packet Tracer

Fungsi Cisco Packet Tracer adalah untuk merancang sebuah sistem jaringan atau biasa disebut topologi jaringan dan akan diimplementasikan langsung didunia kerja nantinya akan menggunakan alat-alat jaringan Cisco yang sesungguhnya.

Kembali lagi, fungsi simulator Cisco disini adalah untuk mempermudah dalam membangun simulasi topologi jaringan tanpa harus mengeluarkan biaya, karena jika merancang topologi jaringan tanpa adanya perangkat simulasi Cisco disini sudah dipastikan akan membutuhkan biaya pengeluaran yang cukup mahal dengan membeli alat-alat aslinya.

Makadari itu, Cisco software ini yang sangat berfungsi bagi mahasiswa atau siswa sebagai alat bantu mempelajari serta menerapkan simulasi untuk membangun topologi jaringan sebelum bertemu dengan alatnya langsung.

Kelebihan dan Kekurangan Cisco Packet Tracer

Adapun kelebihan dan kekurangan dari Cisco Packet Tracer yang dapat kita ketahui dengan seksama, disini Penulis Tech akan memberikan beberapa poin tentang keunggulan dan juga kelemahan yang ada pada software Cisco, tentunya pasti di setiap aplikasi tidak ada yang mulus tanpa kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari Cisco Packet Tracer, berikut penjelasan lengkapnya.

Kelebihan Cisco Packet Tracer

Kelebihan Cisco Packet Tracer bagi siswa dapat memberikan keuntungan dalam proses belajar mengajar yang memikat dan menarik untuk dipelajari, karna pada software ini memiliki banyak icon jaringan yang cukup lengkap untuk diaplikasikan dalam membangun simulasi topologi jaringan. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki Cisco Packet Tracer :

  1. Terdapat banyak icon-icon gambar visual yang memudahkan proses belajar dan latihan membangun jaringan, seperti icon Router dan PC
  2. Software dapat digunakan oleh siapapun dan dapat di didownload secara gratis
  3. Pengembangan skill bagi siswa karena bisa menuangkan ide-ide kreatif dalam membuat rancang topologi jaringan
  4. Tidak memerlukan biaya yang mahal untuk kegiatan pembelajaran bagi siswa
  5. Mendapatkan pengalaman secara visual sebelum menggunakan alat-alat jaringan yang asli
  6. Meningkatkan inspirasi dan kreativitas seseorang dalam membangun topologi jaringan Cisco yang dilakukan sendiri

Kekurangan Cisco Packet Tracer

Adapun kekurangan Cisco Packet Tracer yang dialami oleh kebanyakan siswa, ada beberapa permasalahan yang sulit dipahami dan tidak sesuai dengan kemampuan siswa baik dari segi software dan penggunaan, berikut kekurangan Cisco Packet Tracer antara lain :

  1. Siswa membutuhkan penyesuaian dalam menggunakan perangkat Cisco, karena tampilan media pada software ini cukup rumit dipahami dengan cepat
  2. Problem yang diajukan terkadang tidak sesuai dengan pemahaman siswa
  3. Hanya memiliki komponen-komponen fisik yang terbatas untuk media yang ditampilkan
  4. Tergolong sulit untuk melatih kemampuan siswa dalam mengoperasikan software
  5. Membutuhkan konsentrasi dan keseriusan yang tinggi dalam mempelajari software ini, karena perintah-perintah yang akan dijalankan nanti pada CLI harus diingat dengan baik

Kegunaan Cisco Packet Tracer

Kegunaan Cisco Packet Tracer disini hanyalah sebagai alat bantu proses pembelajaran untuk membuat sebuah topologi jaringan dengan mengenal alat-alat jaringan melalui simulasi software Cisco. Jadi, pada intinya kegunaan Cisco Packet Tracer bukan sebagai pengganti Cisco routers dan switch melainkan membantu siswa merancang jaringan besar yang kompleks menggunakan bantuan software simulator, dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Packet Tracer dapat digunakan secara gratis oleh siswa CCNA Academy.

Berikut ini tampilan screenshot Cisco Packet Tracer versi terbaru yang sudah banyak digunakan oleh berbagai orang yang bergelut di dunia IT dan juga Networking, untuk menggunakan Cisco Packet Tracer:

Topologi Cisco Packet Tracer

Seperti pada pembahasan sebelumnya Cisco Packet Tracer memiliki fungsi untuk membuat simulator topologi jaringan yang sangat mirip dengan eksekusi saat di lapangan, dengan adanya Cisco Packet Tracer akan lebih mudah bagi para IT Networking.

Berikut ini untuk menghubungkan alat-alat yang kategorinya sama dengan menggunakan kabel Cross – Over, antara lain :

  • Router – Router
  • Router – PC
  • Switch – Switch
  • Switch – Hub

Adapun kegunaan Cisco Packet Tracer untuk menghubungkan setiap alat-alat yang berbeda dan menggunakan kabel Straight – Throught, antara lain:

  • Router – Switch
  • Router – Hub
  • PC – Switch
  • PC – Hub

Dengan adanya media pembelajaran Cisco dapat memudahkan siswa akan hadirnya software simulasi rancang bangun sebuah topologi jaringan dengan mempelajari sebuah jaringan besar yang kompleks serta menuangkan ide-ide kreatif dan super sehingga meningkatkan skill di bidang Networking sebelum terjun ke dunia kerja.

KESIMPULAN

Kesimpulan dari rangkuman pembahasan diatas yaitu Cisco Packet Tracer merupakan alat bantu berbentuk software yang bertujuan untuk pembelajaran dan juga pelatihan dalam membangun alat-alat jaringan dengan simulasi terlebih dahulu sebelum menggunakan alat-alat jaringan yang asli. Itulah pembahasan lengkap mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan serta kegunaan Cisco Packet Tracer. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment