Mengenal Teknologi AR dan VR Contoh dan Perbedaan Keduanya

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menghadirkan dua teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual, teknologi tersebut adalah AR (Augmented Reality dan VR (Virtual Reality).  Keduanya memiliki perbedaan yang cukup siginifikan, apa yang membedakan VR dengan AR?

Singkatnya, AR merupakan teknologi yang menggabungkan secara real time obyek dunia virtual kedalam dunia nyata, contohnya seperti Instagram Story. Sedangkan teknologi VR adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna dapat melihat interaksi 3D yang mirip dengan dunia nyata, contohnya VR Box Virtual Reality Glasses.

Untuk lebih jelasnya, Penulis Tech akan membagikan penjelasan tentang Teknologi AR dan VR beserta dengan contoh dan perbedaan dari keduanya. Simak penjelasannya dibawah ini :

AR (Augmented Reality)

Augmented Reality atau disingkat AR adalah sebuah teknologi canggih yang hadir saat 2016 lalu digemparkan dengan salah satu game Pokemon Go. Yang mana dalam game tersebut menggunakan teknologi AR pada objek yang ada didalamnya. Augmented Reality atau AR merupakan teknologi yang dibuat secara real-time dengan menggabungkan obyek 2D atau 3D kedalam dunia nyata yang dapat dilihat oleh pengguna.

Contoh Penerapan Augmented Reality

Berikut contoh penerapan dari teknologi Augmented Reality atau AR dalam berbagai bidangnya masing-masing, antara lain :

Social Media

Hampir semua media sosial menggunakan teknologi AR sebagai obyek 3D menggabungkan dunia nyata dengan visualisasi obyek virtual seperti Snapchat dan Instagram Story. Keduanya memiliki filter yang bisa digunakan oleh pengguna dari layar smartphone. Tidak hanya itu, teknologi AR kini sudah banyak digunakan oleh banyak aplikasi seperti Google Translate, Quiver 3D Coloring App hingga IKEA Place yang mana pengguna dapat memilih furnitur sebelum membeli.

Game

Selain media sosial yang menggunakan Augmented Reality, Pokemon Go juga merupakan game yang menggabungkan elemen-elemen 3D di dalam permainannya. Pada game ini pengguna seolah-olah bermain dengan konten 2D atau 3D secara nyata untuk menemukan monster Pokemon dengan berkeliling disuatu tempat. Game lainnya yang menggunakan teknologi AR yaitu Harry Potter, Ingress Prime dan masih banyak lagi.

Pembelajaran

Sudah banyak sekali contoh penerapan Augmented Reality pendidikan baik berbentuk aplikasi atau yang lainnya. Contohnya seperti melihat berbagai jenis atom dalam mata pelajaran kimia dengan menggunakan aplikasi AR Atom Visualizer, dimana siswa dapat melihat molekul dari berbagi sudut pandang dan melihat visualiasi proses pembentukkan karbon dan yang lainnya. Contoh lain dari pembelajaran yang sudah menggunakan AR adalah Headset AR yang digunakan untuk mempelajari anatomi dan Quiver 3D Coloring App.

VR (Virtual Reality)

Virtual Reality atau VR  teknologi canggih terbaru yang masih hangat diperbincangkan di seluruh dunia. VR atau Virtual Reality adalah teknologi yang mampu melihat dan berinteraksi dengan lingkungan virtual yang disimulasikan oleh komputer. Nantinya, pengguna menggunakan kacamata VR dan smartphone sebagai media VR-nya.

Sensasi menggunakan kacamata VR Anda bisa merasakan konten 360 derajat yang ada didalamnya secara langsung Anda benar-benar masuk kedalam dunia virtual. Banyak produsen yang mulai menjual kacamata VR 360 derajat dengan harga yang cukup beragam.

Contoh Penerapan Virtual Reality

Contoh perangkat VR seperti VR Box, Oculus Rift dan Cardboard. Virtual Reality atau VR memiliki kegunaan yang dapat memberikan pengalaman realistis dalam dunia maya, tidak hanya untuk game saja. Berikut ini contoh dari Virtual Reality dalam berbagai bidang, antara lain :

Membuat Desain Dalam Bidang Fashion dan Teknik

Dengan adanya teknologi VR kini mempermudah dalam dunia desain untuk membuat segala macam bentuk desain dalam bentuk 3D. Banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan VR salah satunya jika terdapat kesalahan-kesalahan dalam membuat desain bisa menjadi lebih mudah diatur karena para designer bisa melihatnya dalam bentuk 3D.

Virtual Reality untuk Simulasi Latihan Militer

Selain itu, fungsi penerapan Virtual Reality juga terdapat pada simulasi latihan militer. Dalam VR tersebut latihannya mirip dengan yang ada di dunia nyata, hanya tempat latihannya saja yang membedakan karena menggunakan dunia virtual.

Sebagai Media Pembelajaran

Media pembelajaran terkini juga sudah menggunakan teknologi VR, hal ini bisa meningkatkan minat belajar bagi para siswa karena menggunakan fasilitas baru untuk mengasah ilmu. Biasanya hanya melihatnya di buku atau papan tulis kini saat menggunakan VR siswa bisa melihat langsung benda-benda dengan lebih nyata di dalam dunia virtual.

Perbedaan AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality)

Dari penjelasan diatas teknologi AR dan VR seperti tidak ada bedanya, karena keduanya sama-sama menggabungkan dunia nyata kedalam dunia maya atau virtual. Namun, secara teknis jelas berbeda.

AR (Augmented Reality) Teknologi AR menggabungkan konten virtual yang dibuat oleh komputer ke dalam dunia nyata sehingga pengguna bisa berinteraksi dengan konten virtual di dunia nyata. Sementara VR (Virtual Reality) Teknologi yang memanipulasi otak dengan simulasi komputer, yang berusaha menggabungkan dunia nyata kedalam dunia virtual sehingga pengguna bisa merasakan seolah-olah secara real life masuk ke dalam dunia virtual.

KESIMPULAN

Itulah perbedaan antara AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality), keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Kesimpulannya teknologi AR menggabungkan konten virtual kedalam dunia nyata sedangkan teknologi VR berusaha menggabungkan dunia nyata kedalam dunia virtual. Apabila ada penjelasan yang kurang dimengerti silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, ya!

Response (1)

  1. Terima kasih atas informasinya, dengan memahami perbedaan AR dan VR diharapkan membuat masyarakat semakin mengerti perkembangan teknologi. Tidak hanya , Augmented Reality Indonesia, bahkan Metaverse Indonesia juga sudah mulai diimplementasikan. Dengan berkembang pesatnya teknologi, memudahkan masyarakat dalam segala hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *