Contoh Soal Animasi dan Jawabannya

Contoh soal Animasi dan Jawabannya lengkap dengan materi mulai dari pengertian Animasi, Jenis-jenis Animasi, 12 Prinsip Animasi, Animasi dalam dunia bisnis hingga penerapan Animasi dalam serial Cartoon maupun Film.

Secara singkat, Animasi merupakan suatu ilusi gerakan yang berasal dari sekumpulan gambar yang disusun dengan cara berurutan untuk menghasilkan sebuah gerakan yang akan dijadikan sebuah karya. Animasi terdiri dari beberapa jenis, antara lain : Animasi Stop Motion, 2D, 3D, Motion Graphic, Isometric dan Infografis.

Animasi memiliki teknik cara pembuatannya yang dikategorikan menjadi 3 teknik, yaitu Animasi Stop-motion, Animasi Tradisional dan Animasi Komputer. Masing-masing memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda hingga hasil akhir yang berbeda juga tentunya.

Untuk itu, Penulis Tech akan membagikan 50 Contoh Soal Animasi yang sudah dilengkapi jawabannya yang bisa digunakan sebagai bahan belajar adik-adik untuk lebih mengetahui lebih luas tentang Animasi. Untuk teman-teman yang ingin menyalin soal Animasi berikut ini pastikan menyertakan sumber dari artikel tersebut.

Table of Contents

CONTOH SOAL ANIMASI DAN JAWABANNYA 50 PILIHAN GANDA

1. Dibawah ini yang merupakan jenis-jenis animasi tradisional kecuali…
A. Phenakistoscope
B. Telescope
C. Praxinoscope
D. Thaumatrope
E. Zoetrope

2. Gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan merupakan…
A. Animasi
B. Warna
C. Design
D. Kartun
E. Motion

3. Animasi yang dibuat dengan menggunakan komputer disebut…
A. Motion Graphic
B. Animasi berbasis vektor
C. Animasi 4D
D. Animasi 3D
E. Animasi tradisional

4. Zoetrope, lentera ajaib dan thaumatrope merupakan jenis animasi…
A. Motion Graphic
B. Animasi 2D
C. Animasi 3D
D. Tradisional
E. Vektor

5. Animasi tradisional juga sering disebut…
A. Animasi 2D
B. Animasi 3D
C. Stop Motion
D. Motion Animation
E. Cel Animation

6. Animasi yang dihasilkan dari pengambilan gambar berupa obyek yang digerakan setahap demi setahap disebut…
A. Animasi Stop-Motion
B. Animasi Tradisional
C. Animasi Komputer
D. Animasi Vektor
E. Animasi 3 Dimensi

7. Prinsip dasar animasi untuk menampilkan permukaan benda lunak atau keras disebut dengan…
A. Follow Through and Overlapping Action
B. Secondary Action
C. Squash and Strech
D. Solid drawing
E. Anticipation

8. Gerakan awal sebelum gerakan utama disebut…
A. Slow in and Slow Out
B. Solud Drawing
C. Anticipation
D. Appeal
E. Secondary Action

9. Suatu pergerakan animasi yang dilebih-lebihkan disebut…
A. Slow in and Slow Out
B. Solud Drawing
C. Anticipation
D. Exaggeration
E. Secondary Action

10. Prinsip animasi dimana jumlah frame semakin banyak maka pergerakan menjadi lambat sedangkan jumlah frame semakin sedikit maka gerakan menjadi cepat adalah…
A. Slow in and Slow Out
B. Solud Drawing
C. Anticipation
D. Exaggeration
E. Timing

11. Penempatan atau blocking yang baik pada animasi disebut…
A. Staging
B. Solud Drawing
C. Anticipation
D. Exaggeration
E. Timing

12. Animator yang menggambar satu per satu dari awal hingga selesai disebut…
A. Overlapping Action
B. Straight Ahead Action
C. Solid Drawing
D. Animator
E. Arcs

13. Gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama agar sebuah animasi tampak lebih realistik yaitu…
A. Squash and strech
B. Exaggeration
C. Secondary Action
D. Timing
E. Ease in & ease out

14. Melalui penjiwaan karakter, penonton dapat lebih mudah mendalami dan mengikuti alur cerita yang merupakan prinsip…
A. Timing
B. Secondary action
C. Staging
D. Personality
E. Appeal

15. Siapa penemu prinsip dasar animasi…
A. Mr. Lawrence
B. Bill Fagerbakke
C. Tom Kenny
D. Stephen Hillenburg
E. Ollie Johnston dan Frank Thomas

16. Siapa bapak animasi dunia…
A. Winsor McCay
B. Walt Disney
C. Anima
D. Stephen Hillenburg
E. Ibiz Fernandez

17. Winsor McCay dijuluki sebagai bapak animasi dunia yang terkenal dengan karya…
A. Gertie the Dinosaur
B. Little Nemo
C. Spongebob Squarepants
D. One Piece
E. Bakabon

18. Semakin banyak in-between maka pergerakan animasi menjadi…
A. Semakin cepat
B. Stabil
C. Semakin lambat
D. Netral
E. Sangat cepat

19. Animasi berikut ini termasuk stop motion berjenis…

A. Motion Graphic
B. Pixilation
C. Pixar
D. Puppet Animation
E. Silhouette Animation

20. Animasi Jepang biasa disebut dengan…
A. Stop Motion
B. Motion Graphic
C. Disney
D. Pixar
E. Anime

21. Sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan merupakan pengertian animasi menurut…
A. Ibiz Fernandez
B. Agus Suheri
C. Dewi Kartika
D. Agung Jaelani
E. Martino

22. Kumpulan gambar-gambar lucu dalam film animasi untuk menghibur para penonton atau biasa dikenal dengan kartun adalah…
A. Stop Motion
B. Animasi 2 Dimensi
C. Animasi 3 Dimensi
D. Claymation
E. Anime

23. Pengembangan dari animasi 2D yang mana dalam objek animasi menjadi terlihat lebih hidup adalah…
A. Stop Motion
B. Animasi 2 Dimensi
C. Animasi 3 Dimensi
D. Claymation
E. Anime

24. Contoh film yang menggunakan animasi 3D dan CGI yaitu…
A. Upin & Ipin
B. Tom & Jerry
C. Naruto
D. Finding Nemo, Toy Story
E. One Piece

25. Kartun Upin & Ipin merupakan animasi jenis…
A. Anime
B. Stop Motion
C. Frame
D. 2D
E. 3D

26. Teknil animasi yang menggunakan rangkaian gambar yang ditunjukan secara bergantian disebut…
A. Animasi Frame
B. Animasi Cel
C. Animasi Sprite
D. Animasi Path
E. Animasi Vektor

27. Teknik animasi dengan menggerakan obyek di sepanjang garis yang ditentukan sebagai lintasan adalah…
A. Animasi Frame
B. Animasi Cel
C. Animasi Sprite
D. Animasi Path
E. Animasi Vektor

28. Teknik animasi yang menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite nya yaitu…
A. Animasi Frame
B. Animasi Cel
C. Animasi Sprite
D. Animasi Path
E. Animasi Vektor

29. Teknik animasi yang cara membuatnya dilakukan pada celluloid transparent adalah…
A. Animasi Frame
B. Animasi Sel
C. Animasi Sprite
D. Animasi Path
E. Animasi Vektor

30. Berikut ini merupakan manfaat dari konten animasi untuk strategi marketing bisnis, kecuali…
A. Meningkatkan kunjungan website
B. Menjelaskan produk lebih objektif
C. Menciptakan ketertarikan masyarakat pada produk
D. Meningkatkan conservation rate
E. Sulit dimengerti

31. Animasi pemudaran dalam aplikasi Flase disebut…
A. Animasi Fade
B. Animasi Cartoon
C. Animasi Shape
D. Animasi Rotasi
E. Animasi Masking

32. Tujuan pembuatan laporan pengerjaan produk animasi 2D yaitu…
A. Agar dapat dipamerkan
B. Agar proses pengerjaan dapat dievaluasi
C. Agar seperti orang yang belajar membuat animasi
D. Agar hasil dari pengerjaan maksimal
E. Agar karya yang dihasilkan disebarluaskan

33. Satuan terkecil dalam video disebut…
A. Dialog
B. Skenario
C. Frame
D. Scene
E. Canvas

34. Langkah paling dasar yang harus di siapkan untuk pertama kali sebelum melakukan produksi animasi adalah…
A. Layout
B. Cerita
C. Ideas
D. Pra-produksi
E. Storyboard

35. Proses yang mengakhiri tahap produksi yang berfungsi untuk mengubah atau menerbitkan project animasi pada software untuk mendapatkan hasil video dalam format file tertentu yaitu…
A. Texturing
B. Rigging
C. VFX
D. Lighting
E. Rendering

36. Proses penggabungan hasil render dari tahap produksi sebelumnya disebut…
A. Compositing
B. Rendering
C. Dubbing
D. Rigging
E. R&D

37. Salah satu bentuk ilustrasi yang hadir dengan konsep “manusia” dengan segala atributnya (sifat, fisik, profesi, tempat tinggal dan takdir) dalam bentuk yang beraneka rupa, bisa hewan, tumbuhan ataupun benda-benda mati. Merupakan pengertian dari…
A. Texturing
B. Ide
C. Desain karakter
D. Dubbing
E. Storyboard

38. Dibawah ini adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat animasi yaitu…
A. Adobe Flash
B. LR
C. Corel Draw
D. Ms. Word
E. Photoshop

39. Yang termasuk dalam langkah membuat karakter, kecuali…
A. Bentuk hubungan antar karakter
B. Bayangkan penampilan karakter
C. Temukan suara karakter
D. Tidak tahu tujuan karakter
E. Berikan karakter keinginan atau tujuan

40. Software apa saja yang bisa digunakan untuk membuat animasi 3D…
A. Cinema 4D
B. Daz Studio
C. Maya
D. Blender
E. Benar semua

41. Prinsip animasi membuat gerakan animasi menjadi lebih alami merupakan…
A. Arcs
B. Pose to pose
C. Anticipation
D. Secondary Action
E. Staging

42. Melakukan konversi gambar manual menjadi gambar digital merupakan pengertian dari…
A. Scanning
B. Tracing
C. Rendering
D. Riset
E. Layout

43. Klik kanan, pilih insert frame untuk menambah frame pada seluruh layar atau dengan menekan…
A. Ctrl+A
B. F7
C. F5
D. Ctrl+s
E. Enter

44. Prinsip animasi bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda yaitu…
A. Exaggeration
B. Anticipation
C. Zoom in & zoom out
D. Slow in & slow out
E. Appeal

45. Yang dimaksud dengan istilah Setting dalam storyboard yaitu…
A. Lokasi cerita
B. Kejadian diluar cerita
C. Tujuan karakter
D. Desain tempat cerita
E. Tempat atau kejadian cerita

46. Pendahulu dari proyektor modern yang terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana adalah…
A. Lentera Ajaib
B. Zoetrope
C. Thaumatrope
D. Phenakistoscope
E. Praxinoscope

47. Melakukan teknik tweening untuk…
A. Memperhalus objek
B. Memperhalus gerakan animasi dari pose awal ke pose akhir
C. Membuat pose awal ke pose akhir
D. Mengevaluasi kesalahan dari pose awal ke pose akhir
E. Memperbanyak gerakan animasi

48. Ketik onion skin aktif pada timeline maka akan muncul marker titik berwarna…
A. Hitam dan merah
B. Merah dan hijau
C. Biru dan hijau
D. Kuning dan ungu
E. Kuning dan merah

49. Berikut ini yang bukan merupakan jenis dari animasi stop motion adalah…
A. Clay
B. Graphic
C. Cutout
D. Zombie
E. Pixilation

50. Berikut ini contoh serial film yang dibuat dengan teknik animasi Stop Motion adalah…
A. Dora
B. Transformer
C. One Piece
D. Donald Duck
E. Shaun The Sheep

KESIMPULAN

Itulah 50 Contoh Soal Animasi pilihan ganda beserta jawabannya. Pembahasan soal diatas sudah mencakup materi dari Animasi 2D, 3D, Stop Motion, Desain Karakter, Prinsip Animasi dan contoh Animasi pada Cartoon maupun Film. Semoga bermanfaat!