Cara Menghasilkan Output dari Olah Data SPSS

Kembali lagi di tutorial SPSS, kali ini kita akan membahas Cara Menghasilkan Output dari Olah Data SPSS. Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana menghasilkan output dengan benar pada aplikasi pengolah data ini, SPSS termasuk jenis sofware yang mudah digunakan, karena memiliki tampilan user friendly sehingga tidak rumit untuk mempelajarinya lebih dalam.

Menghitung olah data menggunakan aplikasi SPSS sangat membantu karena akan menghasilkan informasi data yang akurat dan lebih kompleks. Dibanding menghitungnya secara manual akan sangat merepotkan belum lagi data yang harus diolah sangat banyak sehingga akan menimbulkan kesalahan hitung. Hadirnya aplikasi pengolah data ini benar-benar membantu untuk menyelesaikan project dengan cepat, jadi untuk mengetahui caranya kami akan memberikan tutorial lengkap dengan gambar cara melihat output SPSS.

Cara Menghasilkan Output Olah Data SPSS

Pada tutorial berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menginput data dan mengolah data pada SPSS. Untuk menginput data Anda bisa langsung menginputkannya pada data view dan variable view lalu Save dengan format .sav dan .spv.

Untuk mengolah data menggunakan menu Analyze, contohnya disini kita akan menentukan analisis data sederhana pada variabel Nilai dan KKM. Berikut caranya :

  1. Buka aplikasi SPSS, kemudian tutup dialog Files, karena disini kita akan melakukan analisis data sederhana. Untuk menutupnya klik ikon (x) yang di pojok kanan atas atau klik close

  1. Selanjutnya, inputkan data yang akan diolah pada lembar kerja Data View. Data View disini adalah lembar kerja untuk menampilkan isi data yang diinputkan.

  1. Pada Variable View disini Anda bisa mengubah nama variabel, type data dan panjang tampilan data. Contohnya pada gambar dibawah akan mengubah nama variabel dengan cara klik kolom Name dan ubah variabel menjadi Nilai dan KKM

  1. Setelah itu simpan data yang sudah diinput dengan Klik File > Save / Save As

  1. Kemudian pilih direktori folder untuk menyimpan file dan beri nama Data Nilai lalu klik Save

  1. Setelah file berhasil disimpan maka akan muncul output SAVE OUTFILE yang berisi lokasi penyimpanan, nama file dan format file

  1. Selanjutnya untuk menganalis data sederhana menggunakan statistika deskriptif, pergi ke menu Analyze > Descriptive Statistics > Descriptives

  1. Setelah itu akan muncul dialog Descriptives dan pilih variabel yang akan dianalisis dengan cara pilih variabel lalu klik ikon panah hingga pindah ke kolom Variable(s)

  1. Kemudian pilih Options untuk menentukan analisis apa saja yang akan dihitung pada statistika deskriptif. Contohnya pilih mean, sum, standar devisiasi, variansi, minimum dan maximum lalu Klik Continue dan Klik Ok pada dialog Descriptives

  1. Secara otomatis akan tampil jendela Output yang berisikan hasil output dari olahan data statistika deskriptif

Maka kesimpulan dari hasil analisis Statistika Deskriptif diatas dari varibel Nilai adalah N (jumlah data) = 10, nilai Minimum = 66, Maksimum = 96, Sum (total nilai) = 800, Mean = 80, Std Deviasi = 9.34523 dan Variansi = 87.333. Dan untuk hasil variabel KKM adalah N = 10, nilai Mininum = 67, Maksimum = 80, Sum = 745, Mean = 74,5 Std Deviasi = 4.47834 dan Variansi = 20.056.

Baca Juga : Cara Mengatasi SPSS Failed to start because its side-by-side configuration

PENUTUP

Demikian tutorial tentang cara menghasilkan output dari olah data SPSS menggunakan contoh analisis statistika deskriptif. Setelah mengetahui cara untuk menghasilkan output data Anda melakukan banyak latihan dengan data yang ada seperti regresi linier majemuk dan masih banyak yang lainnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment