Cara Mengganti Repository Ubuntu Linux

1 min read

Cara Mengganti Repository di Ubuntu Semua Versi

Cara Mengganti Repository Ubuntu Linux hanya bisa dilakukan dengan dua langkah, pertama dilakukan dengan membuka direktori tempat penyimpanan file gedit dari Repository yang kedua melalui Terminal di Ubuntu, bagi admin yang mudah dilakukan adalah melalui Terminal.

Alasan mengubah Repository Ubuntu Linux biasanya dilakukan untuk merubah ke server lokal agar proses update software di Ubuntu akan lebih cepat, karna jika masih default jaringan yang lambat tidak akan cepat memuat file-file yang akan diupdate nantinya. Tergantung juga dari lokasi dan kecepatan jaringan internet Anda. Merubah atau menambah repository juga bisa untuk kepentingan instalasi paket software atau kumpulan data dari software, contoh anda ingin menginstall Java. Maka anda bisa menambahkan repo Java melalui direktori repository Ubuntu Linux.

Cara Mengganti Repository Ubuntu Linux

Pertama untuk mengganti Repository anda harus membuka Terminal di Ubuntu, tekan Ctrl + Alt+ T kemudian akan muncul tampilan Terminal. Lanjutkan dengan menjalankan perintah “sudo su” dan masukan password Ubuntu Linux Anda. Baca juga Cara Ganti Password Ubuntu Linux dengan Mudah bagi anda yang ingin meningkatkan keamanan Ubuntu. Kemudian jalankan perintah berikut ini:

$sudo su
#nano /etc/apt/sources.list

Cara Mengganti Repository Ubuntu Linux

Akan tampil halaman untuk mengedit repository, anda bisa mengubahnya dan menghapus semua baris jika ingin mengganti ke server lokal. Tetapi jika ingin tetap default silahkan tambahkan saja daftar baru repository dari aplikasinya. Jika sudah simpat dengan menekan Ctrl + Alt + O kemudian lanjutkan dengan Ctrl + Alt + X.

Ada empat area dalam repositoy, diantaranya:

  • Main: software yang mendapatkan dukungan secara resmi
  • Restricted: software yang memperoleh dukungan tetapi tidak sepenuhnya sudah bebas dari lisensi. Artinya software gratis dan juga berbayar.
  • Universe: software ini dikelola oleh para komunitas dari Ubuntu
  • Multiverse: untuk multiverse software ini tidak gratis.

Kebanyakan orang sekarang menyebut repository adalah repo, karna disingkat banyak yang tidak tau kepanjangannya. Repository menjadi paket khusus dari distro yang digunakan oleh para pengguna sistem operasi Linux.

Itulah cara rubah atau mengganti Repository di sistem operasi Linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published.